Peran Umat Islam dalam Mewujudkan Masyarakat yang Adil dan Makmur


1.    Di Bidang Politik dan Ekonomi
Sejak awal kedatangannya, sebenarnya umat Islam sudah mulai memainkan peran politik mereka. Sultan atau raja adalah penguasa sekaligus pengembang Islam. Sultan atau Raja mengadakaan konsultasi dengan para ulama dalam setiap kebijakan yang hendak dijalankan, sebagaimana terlihat misalnya pada Raden Fatah, raja Kesultanan Demak yang selalu menghargai petunjuk Wali Songo.
Pada sisi lain dapat dilihat bahwa semenjak abad ke-16 sampai abad ke-20 umat Islam di bawah para pemimpinnya menghadapi berbagai corak tantangan kekuasaan Barat dan mengadakan perlawanan bagi setiap fase penjajahan, misalnya pada:
a.    Fase persaingan dagang
b.    Fase penetrasi
c.    Fase perluasan daerah jajahan
d.    Fase penindasan
Ajaran Islam untuk cinta tanah air mendorong segenap penduduk Nusantara untuk memberontak melawan penjajah. Maka lahirlah pemimpin-pemimpin Islam yang demikian besar yang menentukan arah pergerakan di Indonesia..
Sejak itu peran umat Islam dalam dunia politik semakin jelas. Dalam Panitia Persiapaan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) para ulama dan pemimpin Islam berperan aktif dalam menyusun dasar kehidupan negara, dan ikut serta merumuskan UUD 1945.
Setelah Indonesia merdeka, peran unat Islam tetap besar di bawah Soekarno. Meskipun ia berhaluan nasionalis-sosialis, tetapi pandangan-pandangan agamnya menjadi ilham bagi pembangunan bangsa. Hingga masa reformasi umat Islam tetap menunjukkan sikap politik yang luar biasa. Setelah berhasil menjalankan pemilu 1999, 2004, dan 2009, dunia Internasional semakin kagum bahwa masyarakat Islam di Indonesia adalah yang paling berhasil menjalankan demokrasi.
2.    Di Bidang Agama dan Sosial
Agama dan sosial adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Ini disebabkan karena sejak kedatangannya di Nusantara, Islam telah berpadu dengan masyarakat yang kemudian membentuk sebuah masyarakat Muslim Indonesia.
Sebagai bangsa yang religius dan berketuhanan Yang Maha Esa, pemerintah memiliki perhatian besar tehadap agama, terutama agama Islam yang penganutnya adalah mayoritas. Perhatian tersebut diwujudkan dalam pembinaan kehidupan beragama, antara lain:
a.    Mendirikan Departemen Agama pada tanggal 3 januari 1945.
b.    Menetapkan UU No. 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.
c.    Menyelenggarakan pengurusan ibadah haji dari tanah air.
d.    Membentuk MUI pada tahun 1975 dengan struktur organisasi yang menyebar sampai ke tingkat desa.
e.    Melembagakan MTQ secara nasional dari tingkat pusat sampai tingkat desa, mendirikan dan meresmikan mesjid Istiqlal sebagai masjid yang sepenuhnya dibiayai pemerintah, membentuk Badan Amil Zakat dan sebagainya.
3.    Di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
Di bidang pendidikan dan kebudayaan, peran Islam sangatlah besar. Sejak Islamisasi negeri ini telah berdiri lembaga-lembaga pendidikan, khususnya pesantren dan surau yang telah menjadi benteng Islam yang demikian kuat dan berpengaruh. Pemerintah telah mendirikan madrasah dari tingkat dasar, menengah hingga tingkat atas.
Lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia telah berdiri sejak 1940. Kemudian berdiri pula lembaga pendidikan tinggi Islam yang dikelola negara dan swasta di seluruh Indonesia, seperti Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTIAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Islam Indonesia (UII), dll.
Dalam bidang kebudayaan di Indonesia, Islam mempunyai peranan penting, antara lain di bidang:
a.    Arsitektur, khususnya pada bangunan mesjid.
b.    Hidup rohani, paham sufismi atau mistik yang tumbuh pada hidup rohani orang Indonesia sejak awlnya masuknya Islam di Indonesia, seperti Kadiriah, Khalwatiah, Naksyabandiah, dan sebagainya.
c.    Hari-hari besar Islam.
d.    Seni kaligrafi
e.    Bahasa Indonesia, yang menyerap sebagian bahasa Al Quran (Arab) ke dalam bahasa Melayu menjadi bahasa nasional Indonesia sehingga bahasa Arab itu terabadikan dalam bahasa Indonesia, seperti pada kata rakyat (ra’iyyah). Musyawarah, shalat, zakat, dan sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.jazirahislam.com/158/sejarah-masuknya-islam-ke-indonesia.htm
http://omarblega.wordpress.com/2010/06/17/sejarah-masuknya-islam-di-di-indonesia/
Suroso, Asih, dkk, Modul Siswa: Pendidikan Agama Islam untuk SMA Kelas XII Semester 1, Surakarta, PT Widya Duta Grafika
Tim Dosen PAI Universitas Jambi, 2011, Pendidikan Agama Islam: Buku Daras untuk Mahasiswa Universitas Jambi, Jambi, Gaung Persada Press

Lebih baru Lebih lama